Selasa, 27 Januari 2015

12 PEMANFAATAN GOOGLE DOCS UNTUK KEGIATAN PENULISAN



12 PEMANFAATAN GOOGLE DOCS UNTUK KEGIATAN PENULISAN
1. Proses registrasi ke google dokumen
Pertama, siswa kita ajari cara registrasi online dan gratis dengan menggunakan account IDnya masing-masing. Tujuan dari registrasi (sing up) ini adalah untuk mempermudah akses masuk, edit, upload, dal lain-lain melalui google dokumen (google drive).
2. Proses pengunggahan dokumen melalui Google dokumen.
Kedua, siswa kita ajari bagaimana mengupload file tugas melalui google dokumen secara online yang sudah dibuat tadi dengan account ID nya masing-masing berupa email. Misalnya file yang akan diunggah (upload) adalah video tugas kelompoknya, maka proses uploadnya seperti yang dicontohkan pada gambar 8 s/d 2 di bawah ini:
Ketiga, tujuan mempublikasikan secara online melalui google docs, adalah selain supaya dapat diakses oleh mesin telusur google dan tak lupa mencatat kode link (url) atau kode HTML yang telah di upload tadi. Kode itu secara otomatis akan muncul ketika kita sudah mengupload file kita, seperti yang terlihat pada gambar 13 s/d 15
clip_image012
(Gambar: 13)
Keempat, untuk mengakses kode html tersebut maka siswa lalu harus mengklik oke atau blok kode html nya dan klik kopi seperti nampak pada gambar 16. kode html inilah yang harus diberikan kepada kita (guru) untuk kita sematkan (tanamkan) ke blog kita.
Kemudian, tugas guru adalah melihat situs atau blognya dalam kurun waktu maksimal 1 (satu) minggu setelah pemberian tugas adalah waktu yang kita punyai untuk mendesain isi dari blog kita yang salah satunya terdapat tulisan atau label yang dilinkkan (via URL) ke document siswa kita, bahkan kita dan siswa lain mampu melihat secara online yaitu dengan menyematkan kode embed (HTML) file siswa, kita mampu mendesain penampakan secara langsung tanpa link di blog kita dan lebih menghemat waktu..

1 komentar:

  1. Keunggulan dari google docs sendiri apa sih? Mohon penjelasannya Tq

    BalasHapus